Minggu, 11 Desember 2011

Desa Bona, Penghasil Kerajinan Daun Lontar dan Tenun Bali

Desa Bona, Penghasil Kerajinan Daun Lontar dan Tenun Bali


Selain terkenal dengan tari kecak, Desa Bona juga menjadi sentral dari kerajinan daun lontar yang terkenal. Daun tersebut bisa dibentuk untuk tas, topi ataupun sandal. Bentuk-bentuk yang diinginkan customer bermacam-macam dan bisa mengorder sesuai keinginan. Kerajinan ini sudah dimulai dari tahun 1950-an dan menjadi sumber mata pencaharian bagi para warganya. Para pengrajin terpusat di berbagai pelosok desa dan pengepulnya membuka toko dipinggir jalan utama desa tersebut.  Pilihannya mulai wedding souvenir sampai kerajinan perlengkapan sembahyang yang awet seperti besek dan berbagai pilihan tas. Harga yang sangat terjangkau membuat para pemilik toko di Denpasar ataupun Kuta mencari barang dagangan di desa ini.

Selain barang kerajinan lontar, bona juga mempunyai kerajinan tenun cantik yang     mulai berkembang dari tahun 1980-an. Kain-kain ini tersedia dalam beberapa jenis dan bisa langsung dibeli per helai. Per helai harganya bisa mencapai 250 ribuan ke atas. Apabila ingin membeli dalam jumlah besar, kita bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Ada minimal orderan motif yaitu sebanyak 75 meter. Jadi, kita bisa memesan motif dan warna sesuai selera. Seperti di bidang kerajinan lontar, pengerajin kain tenun ini juga menyebar dan merupakan binaan dari pengerajin tenun besar. Pengerajin tenun Anta kusuma yang diprakarsai oleh Bapak Gusti Raka adalah salah satu dari dua yang ada dan sudah berpengalaman membuat motif-motif sulit seperti Ramayana atau motif pewayangan lain. Motif yang umum adalah motif bunga atau patra dengan warna warna indigo yang indah. Biasanya Pak Gusti memamerkan kainnya pas ada Pesta Kesenian Bali. Tapi sekedar catatan saja, harga yang ditawarkan pada saat PKB lebih mahal dari harga yang biasa ditawarkan apabila kita mampir langsung ke desa Bona.

Sumber : http://fandasoesilo.com

1 komentar:

  1. jasa import kurma dan door to door service,
    untuk lebih lanjut bisa kita konsultasi sampai barang ke tempat tujuan C/p.0811 1021 332, www.radexcargo.co.id, atas kerja sama yang baik kami ucapkan terimakasih....

    BalasHapus